Pages

Senin, 20 Januari 2020

Tips Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan Barang Kiriman dari Luar Negeri

Memasuki awal tahun 2020 ini, penulis ingin sekali mengingatkan kepada seluruh pembaca blog ini, terutama orang-orang Indonesia yang banyak menjadi korban penipuan orang-orang bule jadian “fake bule”.

Sejak kami menulis tentang penipuan barang kiriman dari luar negeri, telah banyak pesan melalui social media yang masuk ke akun kami yang ternyata mereka telah menjadi korban. Begitu pun dengan cerita dan kisah para pembaca blog, yang sampai saat ini lebih dari 500 orang menjadi korban penipuan barang kiriman.

Sebenarnya modus yang mereka lakukan semuanya hampir mirip atau sama antara penipu yang satu dengan penipu lainnya. Kami menyakini ini adalah sindikat, orang-orang jahat yang bekerja mencari uang dengan tidak halal.

Penulis merangkum modus penipu barang kiriman dari berbagai kisah yang pembaca blog Catatan Kecik share di sini, agar tidak ada lagi korban-korban penipuan barang kiriman.

1. Korban berkenalan dengan penipu di dunia maya, biasanya melalui social media berupa facebook, aplikasi chat seperti wechat, whatsapp dan lain sebagainya, dengan tampang bule dan menarik.

2. Korban penipuan kebanyakan wanita asal Indonesia.

3. Penipu mengaku orang luar negeri, kebanyakan orang Amerika, Inggris, Arab Saudi, Korea dan Negara kaya lainnya.

4. Menjalin hubungan yang intens, hingga korban merasa jatuh cinta, tak segan penipu juga ada yang terlebih dahulu mengutarakan cinta kepada korban.

5. Penipu berpura-pura kirim barang, biasanya berupa barang berharga seperti perhiasan, elektronik, dokumen penting dan uang, dengan dalih bermacam-macam seperti hadiah, titipan yang nanti akan diambil sendiri di Indonesia dan lain sebagainya.

6. Korban ditelepon kurir meminta tebusan biaya kirim.

7. Korban ditelepon "katanya" bea cukai meminta bayaran bea masuk dan pajak, bahkan ada yang mengaku dari Karantina.

8. Penipu juga membangun website tracking barang sendiri untuk meyakinkan korban bahwa barangnya benar-benar dikirim dan seolah-olah nyata.

Begini saran penulis agar tidak menjadi korban penipuan:

1. Kenalan di dunia maya boleh-boleh saja, apalagi kalau beneran dia bukan penipu, tapi alangkah baiknya kenalan sama orang yang ada di dunia nyata saja ya, biar pesek, item, kere tapi asli produk Indonesia.

2. Para wanita yang sedang patah hati ditinggal kekasih atau belum mendapatkan pujaan hati alias jodoh, harap untuk selalu waspada berkenalan dengan orang yang belum jelas juntrungnya, jangan mudah terlena dengan rayuan dan gombalan cinta, selalu berdoa kepada Sang Maha Kuasa agar diberikan jodoh yang soleh.

3. Jangan mau dikirim barang sama orang-orang yang kenal di dunia maya, apalagi orang tersebut terindikasi sama seperti modus penipu di atas. Dan bahayanya lagi, kalian bisa terjerat kasus berat jika ternyata barang yang dikirim mereka ternyata barang-barang yang dilarang di negeri ini, seperti narkotika dan obat terlarang lainnya.

4. Jika terlanjur mereka "katanya" mengirimkan barang, harap tenang terlebih dahulu, silahkan cek dan recek ke Bravo Bea Cukai telepon 1500225, atau cek mandiri dengan cara sebagai berikut:


  • Mintakan nomor resi atau nomor pengiriman atau nomor AWB atau nomor BL kepada pengirim barang tersebut. 
  • Jangan pedulikan saran mereka untuk mengecek nomor resi atau nomor pengiriman atau nomor AWB atau nomor BL di website atau portal yang mereka informasikan. 
  • Cek mandiri saja nomor nomor resi atau nomor pengiriman atau nomor AWB atau nomor BL yang mereka berikan di beacukai.go.id/barangkiriman. 
  • Jika hasil cek mandiri ternyata barang tidak ditemukan, dan Anda telah ditagih sama orang yang mengaku kurir/ bea cukai maka dipastikan bahwa itu penipuan. 
  • Jika hasil cek mandiri ternyata barang tersebut ditemukan, maka barang tersebut benar-benar ada/ nyata dikirim dari luar negeri. Anda jangan langsung membayarnya, mintakan billing yang diterbitkan oleh bea cukai. 


Sekian semoga tulisan ini bermanfaat.


5 komentar:

  1. If you're attempting to burn fat then you absolutely have to jump on this brand new personalized keto plan.

    To create this keto diet service, certified nutritionists, fitness trainers, and chefs have joined together to produce keto meal plans that are productive, decent, price-efficient, and satisfying.

    Since their grand opening in January 2019, thousands of clients have already remodeled their body and health with the benefits a professional keto plan can provide.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-tested ones given by the keto plan.

    BalasHapus
  2. iya benar karena saya baru saja mendapat informasi dari pihak bandara ngakunya,suruh bayar pajak lokal rp 5.500.000 dan anehnya bandaranya itu di batam.dan nomer teleponya 085716444194 dan disuruh mengirim di rekening MANDIRI 1760-0017-2903-5 atas nama DENI RAMDANI saya memang akan dikirimi barang dari USA dengan nomer resi 00486/LRG/VIP/00233.tanggal pengirimanya 24/06/2020.mohon bantuan untuk pengecekanya benar apa tidak,dan anda bisa hubungi saya di email saya ekaprameswara04@gmail.com.terimakasih atas waktu dan masukanya.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, terimakasih sudah membuat saya lega, beberapa hari yang lalu saya juga dapat teman melalui media sosial, dan dia langsung mengutarakan kata , bahwa aku suka sama kamu,, Haha
    Saya terkejut,, singkat cerita,, dia bilang akan mengirimkan saya uang,, dan dia juga menunjukkan no resi , 00486/LRG/VIP/00233,, dan ternyata ...
    Intinya kita jangan mudah terbuai rayuan,, sekali lagi saya ucapkan terimakasih,, untuk impormasi ny kawan,,

    BalasHapus
  4. Kalau pakai pihak ke tiga gimana gan? apakah aman?

    BalasHapus
  5. Saya baru menerima ini kiriman bagai mana ya cara ngatasi ya

    BalasHapus

Popular Posts