Pages

Selasa, 27 April 2021

Daftar Situs Tracking (Tipu-Tipu) Barang Kiriman dari Luar Negeri

Tiap hari masih saja banyak orang yang komentar di blog ini terkait penipuan berkedok barang kiriman dari luar negeri. Sekali lagi kami ingatkan agar berhati-hati dengan penipuan dengan cara seperti ini. Bagi yang baru baca, silahkan baca tulisan dan komentar terkait penipuan barang kiriman di blog ini. Pelajari motifnya, dan tetap waspada.

Banyak dari penipu yang sengaja membuat situs atau website tipu-tipu untuk meyakinkan para korban. Kebanyakan dari penipu mengirimkan alamat situs dan nomor resi atau kode tracking barang kiriman, agar calon korban yakin bahwa ini bukan penipuan.

Berikut adalah daftar situs tracking abal-abal yang digunakan untuk menipu:

easyexpresslogisticcomp.hpage.com
www.excellencyltd.com
http://www.dec-onlines.co.uk/Home/Tracking.htm
i.supexlogis.comlu.com
http://ontime-ds.com
www.ucs-services.com/webs
http://globaltrade-solutions.com/skylink/track-your-parcel.html
http://liktrackcourier.page.tl/
http://overseadeliveryservice.com

Mungkin dari daftar situs di atas beberapa sudah tidak dapat diakses, mungkin karena sudah ditutup atau karena penipu sudah meraup banyak keuntungan dari korban. 

Kami juga memperhatikan dari beberapa komentar yang masuk ke blog ini, ada juga yang menyertakan alamat situs yang "mungkin" bukan situs abal-abal, seperti situs:

www.lyoncourerservice.com/tracking.html 

Namun dari modus yang diceritakan dalam kometar tersebut sudah sangat jelas dapat disimpulkan bahwa itu adalah penipuan, misalnya meminta uang tebusan, Bea Cukai meminta uang untuk bayar pajak, dan alasan lain yang mengharuskan korban mentransfer sejumlah uang ke rekening pribadi seseorang. Bisa jadi si penipu memang benar-benar mengirim barang, namun isinya mungkin hanya sebuah kotak kosong, atau barang-barang yang sebenarnya tidak berharga.

Yang perlu diperhatikan ketika si penipu atau calon penipu mengirimkan alamat situs dan kode tracking, langsung saja buka situs resmi dari Bea Cukai:

Tampilan Website Tracking Barang Kirman Resmi


https://www.beacukai.go.id/barangkiriman

dan masukan kode tracking atau nomor resi atau nomor air waybill (awb) yang dikirim dari orang yang mengaku mengirim barang dari luar negeri.

Jika kode tracking tidak ditemukan sudah pasti itu penipuan. Karena semua barang kiriman dari luar negeri yang masuk ke Indonesia dilaporkan ke Bea Cukai, setelah barang itu tiba di Bandara atau Pelabuhan di Indonesia.

Namun jika ternyata kode tracking itu ditemukan, silahkan ikuti terus statusnya, jika memang diminta membayar, pasti pihak Pos atau Perusahaan Jasa Titipan yang resmi akan memberitahukan kepada Anda.

Semoga bermanfaat..  

1 komentar:

Popular Posts