Pages

Jumat, 05 Januari 2024

Cara cari buyer di luar negeri

Setelah kita siapkan produk yang mau kita jual ke luar negeri. Langkah selanjutnya adalah mencari buyer atau pembeli di luar negeri. 

Ada banyak cara untuk mencari buyer atau pembeli di luar negeri. Baik dengan cara konvensional, seperti mengandalkan perkenalan mulut ke mulut maupun dengan cara yang lebih profesional seperti mengikuti pameran dan lain sebagainya. 



Berikut beberapa cara mencari buyer menurut penulis. 

  1. Buat katalog produk Anda. Penting untuk memiliki katalog, jika Anda telah memiliki produknya. Dengan katalog maka pembeli dapat dengan mudah mengenal produk Anda. 
  2. Perbanyak relasi dengan eksportir yang ada. Dari mereka kita bisa mendapatkan peluang bisnis dari mitra mereka di luar negeri. 
  3. Pelajari peta perdagangan dunia. Banyak situs yang menawarkan data perusahaan di masing-masing negara. Contohnya situs trademap dot org. Di situs tersebut menyediakan data perusahaan dengan berbagai produk dan kebutuhan bahan baku atau barang. Setelah kita dapat data perusahaan tersebut, coba hubungi dan tawarkan produk Anda.
  4. Gunakan media sosial untuk promosi gratis produk Anda. Media sosial salah satu cara yang cukup mudah untuk menawarkan produk Anda. Mulailah bergabung dengan grup-grup yang ada di media sosial apapaun baik Facebook, instagram dan lain sebagainya. Posting produk anda sebanyak-banyaknya dengan hashtag yang lebih sepesifik.
  5. Bangun website. Jika Anda memiliki cukup modal bisa bangun website produk Anda. Cukup penting karena disamping untuk mengenalkan produk ke konsumen, bisa menjadi salah satu portofolio Anda di mata konsumen. 
  6. Gunakan market place. Tidak dipungkiri bahwa dengan market place kita menjadi mudah terhubung dengan calon pembeli di luar negeri. Sehingga barang Anda bisa merambah ke berbagai negara. 
  7. Ikuti pameran. Banyak pameran yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah maupun swasta. Misalnya pameran yang diselenggarakan oleh dinas perdagangan. Jangan ragu untuk selalu bergabung dengan acara-acara seperti itu. 
  8. Ikuti kegiatan business matching. Banyak juga instansi pemerintah yang menyelenggarakan kegiatan seperti ini, contohnya adalah Bea Cukai. Dengan kegiatan seperti ini tentu Anda sangat beruntung karena langsung ditemukan dengan calon pembeli langsung di luar negeri. 
  9. Bersedia menjadi mitra binaan instansi pemerintah. Saat ini pemerintah sangat gencar untuk meningkatkan ekspor UMKM. Karena memang ekspor Indonesia didominasi oleh UMKM. Nah instansi pemerintah banyak yang melakukan pembinaan terhadap UMKM-UMKM yang ada di wilayah mereka. Manfaatkan kegiatan ini, tentu akan sangat membantu baik regulasi maupun finansial. 
Demikian beberapa cara yang mungkin bisa membantu Anda mencari buyer di luar negeri. Semoga bermanfaat😊😊😊

Tidak ada komentar:

PERHATIAN: Jangan meninggalkan komentar SPAM di sini! Silahkan gunakan kotak komentar untuk bertanya atau diskusi terkait materi yang ditulis.

Posting Komentar

Popular Posts