Pages

Selasa, 02 Januari 2024

Gadis Aceh Tertipu, 80 Juta Melayang

Di penghujung tahun 2023 kemaren, saya kedatangan tamu yang menanyakan terkait status barang kiriman dari luar negeri. 

Seorang Bapak umur 45 tahunan, dua kali datang ke kantor wilayah Bea Cukai Aceh. Dia menanyakan status barang kiriman adik perempuannya yang tak kunjung datang ke rumah. Padahal sudah bayar ke Bea Cukai kurang lebih 80 juta rupiah. 


Singkat cerita bahwa adik perempuannya berkenalan dengan seseorang di luar negeri melalui akun Facebook nya. Komunikasi mereka jalin memalui platform Facebook dan Messenger nya. Tak lama si Bule kenalannya mengirimkan sejumlah uang dan perhiasan senilai ratusan juta rupiah sebagai hadiah. 

Beberapa hari kemudian, adik perempuannya dihubungi oleh orang yang mengaku dari Bea Cukai, yang meminta sejumlah uang sebagai pajak atas barang kirimannya. Menurut pengakuan sang kakak, bahwa adiknya telah mengirimkan beberapa uang yang diminta oleh orang tersebut sebanyak 3 kali transfer senilai kurang lebih 80 juta rupiah. 

Dari ketiga permintaan tidak ada kecurigaan sama sekali kalau mereka sedang ditipu oleh sindikat. Karena mereka dihubungi oleh orang yang mengaku petugas, dan diyakinkan oleh Bule yang mengirim barangnya. Foto paket dan isinya sama persis dengan apa yang dikirimkan Bule dengan petugas yang mengaku dari Bea Cukai. 

Karena masih ada permintaan uang yang keempat, sang kakak memberanikan diri untuk datang ke kantor Bea Cukai. Dia membawa beberapa bukti chat dan transfer uanguang, serta bukti pengiriman. 

Saya coba berkomunikasi dengan sang kakak, dengan terlebih dahulu meminta bukti pengiriman. Saya coba tracing di situs Bea Cukai, ternyata hasilnya nihil. Saya coba minta bukti transfer, juga ternyata dikirim ke rekening atas nama pribadi. Dari data dan bukti, saya simpulkan bahwa adik yang bersangkutan terekana penipuan. 

Sang kakak sebenarnya telah menaruh curiga dengan kejadian ini. Namun nasi sudah jadi bubur, beberapa uang yang mereka kirim hasil dari penjualan perhiasan yang mereka punya. 

Jadi hati-hati ya teman-teman pembaca semua. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru kenal di dunia maya. 

Semoga bisa menjadi pelajaran 🥲

Tidak ada komentar:

PERHATIAN: Jangan meninggalkan komentar SPAM di sini! Silahkan gunakan kotak komentar untuk bertanya atau diskusi terkait materi yang ditulis.

Posting Komentar

Popular Posts